Latest Post

Mengenal Piston Pada Mesin ASUS ExpertBook B5 Series: Laptop Bisnis Terbaik dengan Segudang Kelebihan

Hardisk External Tidak Terbaca – Untuk menyimpan file yang memiliki ukuran cukup besar, beberapa orang memilih untuk menyimpannya di hardisk external. Harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai dan memiliki kinerja yang cepat untuk keperluan transfer data. Namun, sebagian pengguna pasti pernah mengalami kendala hardisk external tidak terbaca, simak ulasan berikut jika ingin tahu cara mengatasinya!

Cara Mengatasi Hardisk External Tidak Terbaca Di Laptop

1. Atur Ulang Disk Management

Untuk mengatasi hardisk external tidak terbaca, pengguna dapat melakukan pengaturan ulang pada Disk Management. Biasanya, pengguna melihat hardisk yang terbaca atau tidak hanya melalui drive saja. Padahal bisa saja drive yang digunakan sedang bermasalah dan hardisk hanya dapat dideteksi melalui Disk Management.

Cara mengatur ulang Disk Management cukup mudah, ketik Disk Management pada kotak pencarian yang ada di windows pengguna dan buka. Lakukan klik kanan pada hardisk eksternal, klik opsi Delete Volume, klik kanan pada hasil format yang ditampilkan. Lanjutkan dengan mengikuti petunjuk hingga selesai dan pilih FAT32 untuk format penyimpanannya.

2. Ganti Letter Harddisk

Pada saat memasangkan hardisk dan terdeteksi oleh Windows, maka akan muncul letter berupa huruf G: maupun huruf lain. Apabila letter tersebut tidak muncul, maka sudah dapat dipastikan bahwa hardisk tersebut tidak terbaca. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat mengganti letter harddisk.

Baca juga : Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor

Caranya mudah sekali, ketik Disk Management pada kotak pencarian yang tersedia di Windows dan buka. Klik pada drive hardisk external yang sudah terbaca, klik kanan opsi Change Drive Letter and Path. Lalu, klik Add untuk membuat atau menambahkan letter baru dan ikuti petunjuk yang tertera hingga selesai.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Bocor

3. Matikan Pengaturan USB Selective

Fungsi dari USB Selective adalah untuk mengatur input daya agar berada pada keadaan yang rendah ketika sedang tidak digunakan. Fitur ini dapat menghasilkan bug yang dapat menghambat daya hantar hardisk external. Hal ini dapat membuat hardisk yang dipakai menjadi tidak terbaca di Windows.

Untuk mengatasinya, matikan saja fitur ini dengan cara ketik Power Plan pada kotak pencarian yang tersedia. Klik menu Advanced Power Settings, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi USB Settings dan masuk pada menu USB Selective. Setelah itu, ubah pengaturannya menjadi Disabled, kemudian simpan dan lakukan restart.

4. Pindah Port USB

Umumnya, setiap laptop dilengkapi dengan beberapa port USB yang dapat digunakan untuk keperluan pengguna. Pada masing-masing port yang disediakan, tentu memiliki kualitas yang berbeda dalam melakukan transfer file. Apabila port yang digunakan untuk memasang kabel USB memiliki kualitas rendah, maka dapat menyebabkan hardisk tidak terbaca.

Baca juga : Cara Mengosongkan Memori

Apabila hal ini terjadi, pastikan bahwa kabel USB tertancap pada port yang benar dengan berpindah dari port satu ke port yang lainnya. Hal ini untuk mengetahui port mana yang memiliki kualitas yang bagus dalam membaca hardisk. Jika port-nya terbatas, pengguna dapat menggunakan USB tambahan.

5. Update Windows

Windows yang telah kadaluarsa juga memicu hardisk tidak dapat terbaca oleh laptop. Agar hardisk dapat terbaca Kembali, pengguna perlu melakukan update Windows ke versi yang terbaru. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang lama dengan jaringan internet yang stabil.

Meskipun demikian, cara ini ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah proses update telah berhasil dilakukan, pengguna dapat mematikan Kembali fitur auto updates pada windows. Hal ini bertujuan agar pengguna tidak terganggu notifikasi yang tidak diperlukan.

Baca Juga:  4 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi Pada Perangkat Android

Itulah cara hardisk external tidak terbaca yang mungkin dapat dicoba agar hardisk dapat terbaca lagi. Pengguna dapat mencoba cara tersebut satu per satu hingga hardisk terbaca pada Windows. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *