Latest Post

ASUS ExpertBook B5 Series: Laptop Bisnis Terbaik dengan Segudang Kelebihan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Laptop Dengan Vision Memukau

Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa di Ekstrak di Android – Sering menerima file berbentuk RAR tapi tidak dapat dibuka di HP Android? Kejadian tersebut tentu sangat menyebalkan. Belum lagi jika file berisi dokumen pekerjaan atau tugas yang penting. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah tersedia cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android dengan mudah dan praktis.

File berbentuk RAR sangat memudahkan ketika ingin mengirim banyak file dalam satu waktu. Selain terkelompok dengan baik, file dalam bentuk RAR memiliki kapasitas yang lebih kecil. Namun karena kemampuan Android yang terbatas dan tidak seluas komputer membuat file tersebut menjadi corrupt dan tidak bisa di ekstrak. Untuk mengatasinya, yuk simak ulasan berikut ini dari zencreator.id!

Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa di Ekstrak di Android dengan Praktis dan Mudah

1. Men-download Aplikasi RAR

Men-download aplikasi tambahan merupakan cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android yang pertama. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi khusus untuk mengekstrak RAR dengan mengunduh dari Play Store.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetik kata “RAR” di kolom pencarian dan secara otomatis akan muncul hasil pencariannya. Setelah selesai di unduh, aplikasi akan meminta izin untuk mengakses file yang tersimpan di dalam perangkat. Kemudian pengguna harus memilih izinkan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Cara Mengganti Background Foto di Android Tanpa Aplikasi Dengan Mudah
Baca juga : Cara Menggunakan Fitur NFC

2. Pilih File yang Corrupt atau Tidak Bisa Dibuka

Apabila aplikasi sudah bisa digunakan, pengguna perlu memilih file yang tidak bisa diekstrak. Setelah menemukannya, centang file tersebut dan pilih icon yang memiliki tanda panah ke atas. Sebelum mengekstraknya, pengguna perlu memilih lokasi penyimpanan dengan klik menu “jelajahi” terlebih dahulu agar hasilnya nanti mudah dicari.

3. Memilih Opsi Ekstraksi

Selanjutnya, pengguna akan masuk kedalam menu “opsi ekstraksi”. Didalam menu ini, tersedia beberapa pilihan untuk hasil file yang di ekstrak. Pilihan tersebut yang bisa dipilih salah satu adalah sebagai berikut:

  • Tanya sebelum menumpuk
  • Tumpuk tanpa pertanyaan
  • Loncati berkas sudah ada
  • Biarkan berkas rusak
  • Jangan ekstrak lokasi
  • Ekstrak arsip ke subfolder
  • Tampilkan berkas terekstrak

Dari pilihan-pilihan tersebut, pengguna bisa memilih sesuai keinginan. Yang terpenting adalah mencentang pilihan “tampilkan berkas terestrak” agar file dapat terlihat. Jika sudah, maka klik “Ok” dan tunggu beberapa saat hingga file selesai terekstrak dengan sempurna.

Baca juga : Cara Agar Video TikTok Jernih

4. Periksa Apakah Terdapat Password Untuk Membukanya

Terkadang untuk menjaga kerahasiaan file didalamnya, berkas RAR memiliki password untuk membukanya. Berkas yang memiliki password akan menampilkan menu untuk memasukkan sandi. Jika pengguna tahu apa kata sandinya, pengguna bisa langsung memasukkannya dan tunggu beberapa saat hingga file berhasil di ekstrak. Jika tidak, maka berkas tersebut tidak akan bisa diekstrak.

5. Memanfaatkan Repair Archive

Apabila menggunakan cara-cara diatas masih tidak bisa dibuka, mungkin file RAR yang dimiliki rusak atau corrupt saat diunduh dari sumbernya. Jika itu terjadi, dengan cara ini file tersebut bisa kembali. Pengguna dapat memanfaatkan menu “repair archive” pada aplikasi RAR. Langkah-langkah yang dilakukan tidak terlalu beda dengan cara sebelumnya.

Baca Juga:  Inilah Cara Agar Video TikTok Jernih dan Tidak Buram

Pertama-tama pengguna pilih file yang tidak bisa dibuka. Setelah dipilih, klik menu settings dan pilih “repair archive”. Kemudian akan muncul notifikasi untuk persetujuan perbaikan file dan pilih “Ok”. Selanjutnya pengguna hanya perlu menunggu beberapa saat hingga file selesai di repair. Berkas yang berhasil di repair akan memiliki nama rebuilt pada nama berkasnya.

Itulah 5 cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android yang mudah dan praktis. Namun perlu diingat bahwa tidak semua file RAR yang tidak bisa dibuka dapat diekstrak karena kemungkinan file yang corrupt sudah tidak bisa diperbaiki. Jika hal ini terjadi, sebaiknya menghubungi orang yang mengirimkan file untuk mengirimkan ulang file tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.